Studi Identifikasi Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) Desatinasi Wisata di ASEAN ( Studi kasus : Thailand dan Indonesia)

  • Rina Fitriana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Vinne Fransisca Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstract

Asia Tenggara atau yang biasa dikenal sebagai ASEAN (Association South East Asia Nation) memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Faktor pendukung hal ini adalah destinasi-destinasi yang terdapat di masing-masing negara, diantaranya adalah Thailand dan  Indonesia  yang  sama-sama  merupakan  negara  berkembang  di  Asia  Tenggara. Dimana hal ini tentunya didukung oleh keunggulan bersaing masing-masing negara, Studi identifikasi ini bertujuan untuk mengetahui secara rinci mengenai keunggulan bersaing yang dimiliki Thailand ataupun Indonesia. Dimana penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini, data primer didapatkan  dari  kuisioner  dengan  responden  wisatawan  mancanegara  yang  pernah mengunjungi masing-masing studi kasus, sedangkan data sekunder didapatkan dari studi kepustakaan baik melalui internet maupun melalui buku-buku, jurnal, karya tulis, tesis, data statistik, artikel majalah, dan artikel dari koran.


Berdasarkan hasil akhir dari penelitian, keunggulan bersaing Indonesia dapat dilihat dari sub variabel dengan angka tertinggi 3,72 yaitu related and supporting industries. Sedangkan  factor  conditions  mendapatkan  angka 3,38, firm  strategy,  structure and rivalry mendapatkan angka sebesar 3,28, dan terakhir yaitu sub variable demand condition mendapatkan angka terendah dibandingkan dengan sub variabel lainnya yaitu sebesar 3,27.


Sementara itu, keunggulan bersaing Thailand disimpulkan dengan rata-rata tertinggi yaitu related and supporting industries pada angka 3,98, firm strategy, structure and rivalry dengan angka 3,83, sedangkan factor conditions dengan angka 3,76, dan angka terendah yaitu 3,68 pada sub variabel demand conditions.

Published
2017-11-13
How to Cite
FITRIANA, Rina; FRANSISCA, Vinne. Studi Identifikasi Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) Desatinasi Wisata di ASEAN ( Studi kasus : Thailand dan Indonesia). Jurnal Ilmiah Pariwisata, [S.l.], v. 22, n. 3, p. 101-112, nov. 2017. ISSN 2599-0209. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1160>. Date accessed: 18 aug. 2018.
Section
Review