Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Usaha Restoran, Rumah Makan Di Kabupaten Bogor

  • Fachrul Husain Habibie Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Novita Widyastuti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan explanatif yang teruji tentang pengaruh (1) pelatihan dan motivasi kerja terhadap produktivitas karyawan, (2) pelatihan terhadap motivasi kerja karyawan, (3) pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan dan (4) motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan restoran di kabupaten Bogor, Jawa Barat. Disain yang digunakan dalam penelitan ini adalah desain penelitian kausal. Subjek dalam  penelitan  ini  adalah  seluruh  peserta  pelatihan  peningkatan  sumberdaya  manusia dalam sektor Restoran dan Rumah Makan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan objeknya adalah pelatihan, motivasi kerja dan produktivitas kerja karyawan. Penelitian akan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dilaksanakan secara cross-sectional, teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Responden adalah karyawan Rumah makan dan restoran di Kabupaten Bogor yang mengikuti pelatihan. Penarikan sampel menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis data adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, korelasi Pearson,  serta regresi linier  sederhana, menggunakan bantuan software SPSS 21 for window (Pramesti,2013:37 – 66).


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi pengaruh pelatihan terhadap motivasi karyawan usaha rumah makan dan restoran adalah sangat kecil dengan nilai sebesar 2.5%. Dan  pelatihan  tidak  secara  signifikan  mempengaruhi  motivasi  karyawan  usaha/rumah makan  di  kabupaten  Bogor  (0.359  >  5%,),  sedangkan  pelatihan terhadap  produktifitas karyawan usaha rumah makan dan restoran adalah dengan nilai sebesar 2.1%. Pelatihan tidak secara signifikan mempengaruhi produktifitas karyawan usaha/rumah makan di kabupaten Bogor (0.979 > 5%,), Kontribusi pengaruh motivasi terhadap produktivitas karyawan sebesar 84.3% dengan signifikansi sebesar 0.000 < 5%, hal ini berarti varibel motivasi secara signifikan mempengaruhi produktifitas kerja. Yang paling  berpengaruh antara pelatihan dan motivasi terhadap produktivitas karyawan adalah variabel motivasi. Hal ini ditunjukkan dalam persamaan Y = 0.005 X1 + 0.953 X2 + 0.233, yang berarti jika terjadi perubahan pada variabel motivasi sebesar 1 (satu) kali tanpa perubahan variabel pelatihan (yang mempengaruhi secara signifikan (0.005)) maka terjadi perubahan pada produktifitas kerja sebesar 0.953 bagi karyawan usaha/rumah makan di kabupaten Bogor.

Published
2017-11-13
How to Cite
HABIBIE, Fachrul Husain; WIDYASTUTI, Novita. Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Usaha Restoran, Rumah Makan Di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata, [S.l.], v. 22, n. 3, p. 163-177, nov. 2017. ISSN 2599-0209. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1166>. Date accessed: 22 oct. 2018.
Section
Review