ATRAKSI WISATA MEMPENGARUHI MOTIVASI PENGUNJUNG DI RESTORAN CIMORY RIVERSIDE, BOGOR, JAWA BARAT

Novita Widyastuti

Abstract


Restoran merupakan salah satu public space yang semakin banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta sebagai salah satu alternatif ruang interaksi baru. Ini di sebabkan oleh kemudahan berinteraksi dengan keluarga, relasi atau bahkan pasangan, dan juga dapat menjamu rekan bisnis dengan suasana yang lebih santai. Salah satu cara agar dapat menarik perhatian calon pelanggan dengan cara menonjolkan panorama keindahan alam itu sendiri. Panorama keindahan alam dapat menarik simpati tamu untuk datang dan mencicipi menu makanan yang ada. Tidak jarang tamu datang hanya untuk menikmati keindahan panorama alam yang ada. Dengan adanya restoran-restoran bernuansa baru inilah menjadikan daerah tujuan wisata menjadi ramai pada akhir pekan atau musim liburan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Dan untuk menentukan jumlah sampling yang akan diambil, peneliti menggunakan metode slovin. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Field Research. Penelitian ini merupakan penelitian pengujian hipotesis, lalu di analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadinya hubungan korelasi yang kuat yaitu sebesar 0, 687. Dari hasil regresi linear sederhana menunjukkan  bahwa variabel atraksi wisata berpengaruh positif terhadap variabel motivasi pengunjung.

Keywords


Atraksi, Wisata, Motivasi, Pengunjung, Restoran Cimory

Full Text:

PDF

References


A, Yoeti, Oka. Edisi Revisi 1996, Pengantar Ilmu Pariwisata, Penerbit Angkasa, Bandung.

Agus Nawar, 2000,Operasional Tata Graha Hotel, PT.Gramedia Pustaka. Umum,Jakarta.

E., Naryani, 1991, Pengantar Geografi Pariwisata, Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS, IKIP Bandung

Foster, Douglas, 1985, Travel and Tourism Managemen, London: Macmillan Press LTD

Keputusan Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No.KM.95/KH.103/MPPT-87

Kusmayadi,2004, Statistika Pariwisata Deskriptif, PT. Gramedia Pustaka Utama, jakarta

Mc Intosh Robert W, 1984, Tourism Priciples,Practices, Philosophies, Ohio: Grid Publishing

Nurhidayati, Sri Endah, 2003, Community Based Tourism (CBT), Sebagai Pengembangan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, Airlangga Press, Surabaya

Pendit, I Nyoman, S. 1994. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 24/1979. Atraksi Wisata,http://hukum.unsrat.ac.id/pp/pp_24_1979.doc.

Purwanto, Ngalim, 2000, Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D, Alfabeta, Bandung

Sukmadinata, 2006, Metode Penelitian Pendidikan, Rosdakarya:Bandung

Sulartiningrum, Sri, 2000, Pengantar Akomodasi dan restoran, Gramedia, Jakarta

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1990 Tentang KEPARIWISATAAN, http://www.bpn.go.id/DesktopModules/EasyDNNNews/DocumentDownload.ashx?portalid=0&moduleid=1658&articleid=713&documentid=755.

Yoeti, Oka,A, 2001, Tour and Travel Marketing, Pradnya Paramita, Jakarta

Zainun, Buchari, Manajemen dan Motivasi, 1994, Balai Aksara,Jakarta








Puslitdimas STP Trisakti