Pengembangan Potensi Desa Wisata Melalui Pelatihan Pengenalan Homestay di desa Sungsang Iv, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan

  • Vienna Artina Sembiring Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Novita Widyastuti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Amalia Mustika Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstract

Desa Sungsang IV berada di area muara sungai Musi dan berbatasan dengan Laut China Selatan atau Laut Bangka. Hal ini yang menjadikan desa Sungsang IV sebagai desa nelayan yang mata pencarian sebagian besar masyarakatnya adalah mencari ikan dilaut. Proses pengenalan potensi menggunakan metode analisa SWOT.Analisa SWOT yang digunakan adalah sebagai alat untuk mengenali kekuatan, kelemahan yang dimiliki suatu desa serta melihat peluang dan ancaman yang dihadapi oleh desa tersebut. Kegiatan yang dilakukan adalah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh warga desa yaitu memberikan pelatihan pengenalan homestay kepada warga sekitar yang berjumlah 20 orang. Tujuannya adalah untuk memetakan rumah masyarakat yang siap dijadikan homestay dan menyiapkan rumah masyarakat untuk dijadikan homestay yang sesuai standart yang berlaku, dan hasil analisa yang ditemukan bisa menjadi rujukan untuk mewujudkan desa Sungsang IV menjadi desa wisata yang memiliki homestay.

Published
2019-12-23
How to Cite
SEMBIRING, Vienna Artina; WIDYASTUTI, Novita; MUSTIKA, Amalia. Pengembangan Potensi Desa Wisata Melalui Pelatihan Pengenalan Homestay di desa Sungsang Iv, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1 - 8, dec. 2019. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1322>. Date accessed: 04 june 2020.