Upaya Pengembangan Desa Wisata Melalui Pelatihan Pengelolaan Tempat Penginapan (Home Stay) di Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal

  • Puput Dewi Anggraeni Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Prasetya Putra Nugraha Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Didik Virgiawan Politeknik Harapan Bersama Tegal

Abstract

Dengan alam yang indah dan hawa sejuk di kaki Gunung Slamet, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa berpotensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Namun keterbatasan daya tampung warga Desa Sigedong menjadi kendala untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Berdasarkan hasil survei dan kerjasama yang dilakukan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Harapan Bersama dengan mitra, pelatihan homestay, pelatihan pemasaran digital serta pembentukan produk lokal dan pariwisata dilakukan kepada masyarakat di Desa Sigedong. Metode yang digunakan metode observasi, metode sosialisasi dan metode diskusi yang berjumlah 20 orang peserta. Pelatihan dan penyuluhan dilaksanakan di rumah ketua Pokdarwis, pada tanggal 7-8 Februari 2020. Pelatihan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat di daerah tersebut, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.


Kata Kunci: Pengembangan, Desa Wisata, Homestay

Published
2020-12-23
How to Cite
ANGGRAENI, Puput Dewi; NUGRAHA, Prasetya Putra; VIRGIAWAN, Didik. Upaya Pengembangan Desa Wisata Melalui Pelatihan Pengelolaan Tempat Penginapan (Home Stay) di Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 83-88, dec. 2020. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1428>. Date accessed: 22 apr. 2021.