Upaya Merintis Desa Wisata Melalui Pengenalan Sadar Wisata dan Penyiapan Homestay di desa Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan

  • Vienna Artina Sembiring Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Novita Widyastuti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstract

Lokasi desa Sungsang terletak diwilayah paling ujung Sumatra Selatan, memiliki perbatasan dengan provinsi kepulauan Bangka Belitung. Mata pencaharian sehari-hari penduduk Sungsang adalah sebagai nelayan, mengambil daun nipa dan pucuk nipa dan sebagian masyarakat bertani atau berkebun. Kebutuhan bahan pokok masyarakat untuk sehari-hari didatangkan  dari  Palembang dan sekitarnya.Pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan setelah melakukan observasi dan mempelajari analisis potensi desa yang telah dilakukan oleh tim sebelumnya. Masyarakat yang mengikuti pelatihan di kantor desa Sungsang III sebanyak 20 orang. Tujuan pelatihan ini adalah agar masyarakat desa Sungsang dan Marga Sungsang memahami dan mengerti tentang sapta pesona dan sadar wisata. Desa Sungsang dan Marga Sungsang memiliki Homsetay bagi wisatawan yang datang berkunjung ke desa tersebut.


Kata Kunci: Desa Sungsang, Marga Sungsang, Sapta Pesona, Sadar Wisata, Homestay

Published
2020-12-23
How to Cite
SEMBIRING, Vienna Artina; WIDYASTUTI, Novita. Upaya Merintis Desa Wisata Melalui Pengenalan Sadar Wisata dan Penyiapan Homestay di desa Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 70-82, dec. 2020. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1434>. Date accessed: 21 apr. 2021.