Peningkatan Kapasitas Kelompok Penggerak Pariwisata dalam Pengelolaan Desa Wisata Berkelanjutan di Desa Cipasung, Kabupaten Kuningan

  • Rahmat Ingkadijaya Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Linda Desafitri Ratu Bilqis Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstract

Banyak desa di Indonesia mencanangkan dirinya menjadi desa wisata. Namun tidak semuanya dapat berkembang dan bertahan. Salah satu unsur penting dalam pengembangan dan keberlanjutan desa wisata adalah pihak pengelola. Permasalahannya, apakah pengelola memiliki kapasitas yang memadai untuk mengelola desa wisatanya?. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok penggerak pariwisata sebagai pengelola desa wisata mengenai pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa pada reaction level, para peserta pelatihan menyatakan materi pelatihan bermanfaat dan sesuai dengan posisi/tugas mereka saat ini.  Pada learning level, mereka menyatakan memahami materi yang disampaikan dan berkeinginan untuk mempelajarinya lebih jauh. Pada behaviour level, mereka menyatakan akan menerapkan apa yang telah mereka ketahui dari pelatihan tersebut dalam tugas/posisi mereka saat ini.


Kata Kunci: Pariwisata Berkelanjutan; Desa Wisata; Kelompok Penggerak Pariwisata; Desa Cipasung

Published
2020-12-23
How to Cite
INGKADIJAYA, Rahmat; RATU BILQIS, Linda Desafitri. Peningkatan Kapasitas Kelompok Penggerak Pariwisata dalam Pengelolaan Desa Wisata Berkelanjutan di Desa Cipasung, Kabupaten Kuningan. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 89-96, dec. 2020. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1436>. Date accessed: 22 apr. 2021.