Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Tentang Pembuatan Pastry Dalam Masa Pandemi Pada Ibu-Ibu Dharma Wanita Diskominfo Kabupaten Tegal

  • Puput Dewi Anggraeni Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Didik Virgiawan Politeknik Harapan Bersama Tegal

Abstract

Pelatihan pembuatan pastry dalam masa pandemi pada Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan Diskominfo Kabupaten Tegal merupakan kegiatan pengabdian masyarakat Politeknik Harapan Bersama yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada Ibu-Ibu Dharma Wanita dalam membuat hidangan untuk keluarga di masa pandemi. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara daring melalui webminar dengan peserta dari Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan Dinas Kominfo Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan adalah dengan survey, pengumpulan data dan pelatihan. Menu pelatihan yang dipilih adalah bolu dan donat yang merupakan kudapan yang dapat dengan mudah dibuat dengan bahan dan peralatan sederhana yang ada di rumah. Sedangkan sebagai inovasi dari pembuatan bolu dan donat tersebut dipilihlah Ubi Jalar Ungu sebagai bahan baku tambahan untuk meningkatkan citra rasa, gizi dan warna yang menarik pada hasil olahan tersebut. Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi 4 (empat) sesi (1) Pemberian materi tentang pengenalan pastry, (2) Pemberian materi higiene dan sanitasi untuk mewujudkan food safety, (3) Pelatihan pembuatan pastry berupa cake yaitu Bolu Ubi dan yeast product yaitu Donat Ubi, dan (4) Diskusi atau tanya jawab mengenai materi pelatihan tersebut. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat disimpulkan kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar dan  materi pelatihan telah disampaikan sesuai tujuan kegiatan pelatihan.


Kata Kunci: Pandemi, Pastry; Higiene dan  Sanitasi


 

Published
2021-06-10
How to Cite
ANGGRAENI, Puput Dewi; VIRGIAWAN, Didik. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Tentang Pembuatan Pastry Dalam Masa Pandemi Pada Ibu-Ibu Dharma Wanita Diskominfo Kabupaten Tegal. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-7, june 2021. ISSN 2715-9078. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1477>. Date accessed: 19 oct. 2021.