Pelatihan Perencanaan, Penyusunan Proposal dan Pemasaran Event Untuk Masyarakat Desa Jatiluwih Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan

  • Luh Putu Citrawati Polikteknik Pariwisata Bali
  • I Gusti Ayu Ratih Asmarani Politeknik Pariwisata Bali

Abstract

Desa Jatiluwih memiliki reguler event yang dilaksanakan setiap tahun berbentuk Festival Jatiluwih dengan tema yang berbeda-beda. Dengan potensi tersebut dan Kegiatan Festival yang sudah berlangsung sebanyak 3 kali dari tahun 2017 sampai tahun 2019, namun selama 2 tahun tidak terlaksana dikarenakan Pandemi. Meskipun begitu, masih ditemukan kurangnya kesadaran dan kemampuan masyarakat terutama panitia dalam hal pengelolaan event/Festival. Kegiatan Pelatihan  ini bertujuan untuk merencanakan, menyusun proposal dan memasarkan event  bagi masyarakat di Desa Wisata Jatiluwih. Dalam pelatihan ini digunakan metode diskusi dan praktik. Metode diskusi dilakukan dengan menyampaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra dalam menyusun proposal, sedangkan praktek dilakukan sebagai implementasi hasil diskusi yang sudah dilakukan. Jumlah peserta dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang. Hasil  kegiatan ini menunjukkan peserta   sangat senang dan antusias dengan mendapatkan keterampilan melakukan perencanaan, penyusunan proposal sampai memasarkan produk event/festival. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para peserta akan pentingnya teknik pemasaran event yang dilakukan  secara efektif, akurat dan informatif.


Kata Kunci: Pelatihan, Event, Perencanaan,  Pemasaran

Published
2022-06-30
How to Cite
CITRAWATI, Luh Putu; ASMARANI, I Gusti Ayu Ratih. Pelatihan Perencanaan, Penyusunan Proposal dan Pemasaran Event Untuk Masyarakat Desa Jatiluwih Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 50-57, june 2022. ISSN 2715-923X. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1611>. Date accessed: 06 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v4i1.1611.