Pemberdayaan Komunitas Penggerak Wisata Dalam Pembinaan Wisata Konservasi Berbasis Edukasi Pelestarian di pulau Kelapa, Kepulauan Seribu

  • Sarojini Imran Universitas Pancasila
  • Yosi Erfinda Universitas Pancasila
  • Fetty Nurmala Rossi Universitas Pancasila
  • Pipit Widya Lestari Universitas Pancasila
  • Giffari Maulana Putra Universitas Pancasila

Abstract

Pulau kelapa identik dengan konservasi laut yang memiliki manfaat besar dalam memantau sumber daya kelautan. Selain itu kawasan konservasi laut juga berpotensi untuk pengembangan wisata edukasi untuk menanamkan kesadaran di kalangan wisatawan tentang konservasi keanekaragaman hayati dan pemeliharaan ekosistem laut. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan komunitas penggerak wisata Pulau Kelapa dalam wisata konservasi berbasis edukasi pelestarian. Model pemberdayaan yang dihasilkan berupa cipta karya melalui percobaan yang diuji seperti  menggunakan beberapa bahan pembuatan dan disain bentuk dudukan terumbu karang. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah metode kualitatif berupa observasi hingga wawancara. Jumlah peserta dalam kegiatan ini adalah 40 anggota Komporasi (komunitas penggerak wisata) yaitu paguyuban pengusaha seperti biro perjalanan, homestay, tarian, usaha kuliner dan usaha souvenir. Hasil dari  kegiatan ini menunjukkan anggota Komparasi mendapatkan pengetahuan baru tentang konsep wisata konservasi berbasis edukasi pelestarian melalui inovasi dan kreatifitas yang dilakukan setiap anggotanya serta menjadi bekal dalam mengedukasi wisatawan. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan  peran  masyarakat penghuni Pulau Kelapa dalam pemeliharaan  lingkungan konservasi.


Kata Kunci: Masyarakat, Kawasan Konservasi Laut, Tranplantasi Terumbu Karang

Published
2022-06-30
How to Cite
IMRAN, Sarojini et al. Pemberdayaan Komunitas Penggerak Wisata Dalam Pembinaan Wisata Konservasi Berbasis Edukasi Pelestarian di pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 39-49, june 2022. ISSN 2715-923X. Available at: <http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1612>. Date accessed: 06 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v4i1.1612.