Pelatihan Barista dan Cara Memulai Usaha Baru Kepada Keluarga Penerima Manfaat Kampung Bedeng Cempaka Putih Jakarta Pusat Pada Kementrian Sosial

  • Robiatul Adawiyah Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Michael Khrisnia Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
  • Novita Widyastuti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Abstract

Pelatihan ini bekerjasama dengan Kementrian Sosial dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang kopi, pengetahuan tentang Barista, praktek penyeduhan kopi dan bagaimana memulai bisnis baru. Metode kegiatan pengabdian ini menggunakan penyluhan, pelatihan dan sosialisasi. Peserta pelatihan ini adalah kepada keluarga penerima manfaat Kampung Bedeng Cempaka Putih Jakarta Pusat yang sudah terdaftar pada Kementrian Sosial. Jumlah keluarga penerima manfaat pada kegiatan pelatihan berjumlah 24 orang, diadakan pada tanggal 3-4 Desember 2021. Agar 24 keluarga penerima manfaat Kampung Bedeng Cempaka Putih Jakarta Pusat dapat memulai usaha kedai kopi, mereka harus mengetahui tentang Barista, praktek penyeduhan kopi dengan french press, pour over, aeropress dan sypon. Kemudian dari cara memulai usaha harus berani mengambil resiko, mengetahui proses produksi dan mengetahui bagaimana merencanakan bisnis yang baik dan menjanjikan.


Kata Kunci: Pelatihan Barista, Memulai Usaha Baru

Published
2022-12-26
How to Cite
ADAWIYAH, Robiatul; KHRISNIA, Michael; WIDYASTUTI, Novita. Pelatihan Barista dan Cara Memulai Usaha Baru Kepada Keluarga Penerima Manfaat Kampung Bedeng Cempaka Putih Jakarta Pusat Pada Kementrian Sosial. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 112-118, dec. 2022. ISSN 2715-923X. Available at: <https://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1609>. Date accessed: 29 mar. 2023. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v4i2.1609.