Penyusunan Rencana Bisnis Menggunakan Bisnis Model Canvas bagi Masyarakat di Desa Wisata Kenderan Kecamatan Tegallalang, Bali

  • Ni Wayan Chintia Pinaria Politeknik Pariwisata Bali
  • Ida Ayu Kalpikawati Politeknik Pariwisata Bali

Abstract

Desa Kenderan merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar yang memiliki potensi untuk mengembangkan wisata pedesaaan sekaligus sebagai desa wisata. Keterbatasan yang dimiliki oleh Pokdarwis Desa Wisata Kenderan adalah belum memiliki sebuah rencana umum kegiatan dari perspektif pengelolaan bisnis. Dengan demikian Program Studi Bisnis Hospitaliti melihat kondisi ini sebagai sebuah peluang untuk dapat berpartisipasi dengan melakukan pendampingan kepada Pokdarwis Desa Kenderan dalam penyusunan sebuah perencanaaan bisnis. Pendampingan akan dilakukan dalam usaha meningkatkan pengetahuan tata kelola bisnis, serta keterampilan dalam menyusun sebuah rencana bisnis. Berbagai materi pendampingan untuk menyusun rencana bisnis yang akan disampaikan mengacu pada Business Model Canvas. Tujuan dari kegiatan ini adalah secara umum bertujuan menjadikan peserta pelatihan mampu menyusun sebuah rencana bisnis kegiatan wisata yang dilaksanakan oleh Pokdarwis Desa Kenderan. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tannggal 22-23 Juni 2022 di Desa Kenderan. Jumlah peserta lima belas orang terdiri dari anggota pokdarwis, para pemuda dari desa kenderan yang memiliki ketertarikan pada sebuah pengelolaan bisnis pariwisata. Materi pelatihan diberikan dengan metode ceramah (penyampaian materi teori), diskusi kelompok dan praktik langsung membuat sebuah rencana bisnis mengacu pada BMC dan presentasi hasil BMC.

Published
2023-06-15
How to Cite
PINARIA, Ni Wayan Chintia; KALPIKAWATI, Ida Ayu. Penyusunan Rencana Bisnis Menggunakan Bisnis Model Canvas bagi Masyarakat di Desa Wisata Kenderan Kecamatan Tegallalang, Bali. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 87-96, june 2023. ISSN 2715-923X. Available at: <https://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JPP/article/view/1710>. Date accessed: 25 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.30647/jpp.v5i1.1710.